Jumat, 16 Oktober 2020

Inovasi Teknologi Masa Depan & Teknologi Cloud

 




Banyak orang masih beranggapan bahwa Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) hanyalah sekedar gimik saja, tanpa manfaat nyata bagi aspek kehidupan. Pada awal kemunculannya, mungkin itu benar, karena teknologi AR/VR masihlah terbilang baru dan belum banyak pihak yang mengeksplore dalam pengembangannya. Namun, seiring dengan semakin bertambahnya startup Augmented Reality dan Virtual Reality, satu demi satu manfaatnya bagi kehidupan manusia mulai terungkap.

 

Virtual Reality mulai dikomersialkan pada tahun 2016 melalui perangkat Oculus Rift dan HTC Vive. Pada saat itu, teknologi ini bukan hanya luar biasa, tetapi juga memberikan mimpi akan dunia virtual lebih nyata seperti di film Ready Player One. Namun, yang dicapai teknologi VR saat itu masihlah jauh dari apa yang diharapkan, sehingga orang-orang mulai berhenti berharap. Padahal, apabila kita bisa lebih terbuka melihat segala peluang yang ada sebenarnya banyak lho manfaat yang diberikan VR terhadap kehidupan, selain dunia virtual penuh fantasi yang di impikan orang-orang.

 

Banyak sekali industri yang bisa memanfaatkan teknologi AR/VR untuk meningkatkan efektifitas hingga pertumbuhan bisnis. Mulai dari sektor pendidikan yang bisa manfaatkan AR untuk tingkatkan minat belajar anak. Mengingat anak-anak saat ini hampir tidak bisa terlepas dari gadget, dengan menyajikan materi pelajaran melalui AR siswa bisa mengamati sendiri materi pelajaran lebih rinci melalui objek 3D, sehingga tenaga pengajar bisa lebih fokus menyampaikan materi lebih dalam lagi.

 

Dalam sektor bisnis, startup augmented reality terus berinovasi untuk menciptakan teknologi yang bisa membantu karyawan untuk bekerja lebih efisien melalui kacamata AR. Hingga kini, telah banyak industri yang dapat merasakan manfaatnya bagi pertumbuhan bisnis mereka. Selain meningkatkan efisiensi dan kecepatan kerja berkat panduan yang diberikan melalui kacamata AR, dengan memanfaatkan teknologi VR ternyata juga membantu dalam proses pelatihan kerja lebih efisien, hemat biaya dan nol resiko cidera hingga kematian. Seperti contohnya dalam kasus pelatihan pemadam kebakaran hingga simulasi perang bagi angkatan bersenjata.

 

Dunia kesehatan pun tidak mau ketinggalan, dengan teknologi VR dapat membantu khususnya dalam pelatihan perawatan pasien hingga pembedahan. Di masa pandemi covid-19 yang telah terjadi di seluruh dunia, teknologi pelatihan perawatan pasien dari Oxford telah berkontribusi sangat besar dalam membantu ribuan tenaga medis menangani pasien yang terjangkit.

 

Perkembangan teknologi yang sangat cepat memberikan perubahan ke beberapa bidang. Misalnya teknologi  augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Virtual reality (VR)

Virtual reality adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam teknisnya, virtual reality digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer dan dapat berinteraksi dengan seseorang. Contoh teknologi virtual reality yang cukup sederhana adalah Google Cardboard karena dibuat menggunakan kertas. Google Cardboard ini belum begitu mempunyai banyak fungsi, tetapi dengan menggunakan Google Cardboard pengguna akan merasakan pengalaman virtual reality dengan cara menggabungkan smartphone yang memiliki sensor gyroscope dengan Google Cardboard.

Teknologi virtual reality ini biasanya digunakan pada bidang medis, arsitektur, penerbangan, hiburan, dan lain-lain. Contoh virtual reality banyak sekali, salah satunya seperti game FPS (First Peson Shooter) yang akan membuat pengguna merasa berada di dalam game tersebut. Selain itu, virtual reality digunakan pada foto dan video 360 derajat yang membuat pengguna merasa berada di tempat tersebut. Beberapa perangkat virtual reality yang cukup populer lainnya adalah Oculus Rift yang dikembangkan oleh Facebook. Oculus Rift memberikan pengalaman berbeda untuk pengguna dalam  bermain sebuah game. Selain  Oculus Rift, perangkat virtual reality lainnya adalah Samsung Gear VR, PlayStaion VR, HTC Vive, dan Octagon VR yang dibuat oleh perusahaan di Bandung.

Penggunaan Virtual Reality

Virtual Reality digunakan pada berbagai bidang, yaitu pendidikan pelatihan militer, hiburan (video game dan film), dan arsitektur.

Augmented reality (AR)

Augmented reality adalah integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real time. Berbeda dengan virtual reality yang menciptakan lingkungan 3D yang benar-benar buatan. Teknologi augmented reality menggunakan lingkungan yang ada di dunia nyata kemudian menambahkan informasi baru di atasnya. Dengan kata lain, AR menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (real time).

Ronald T. Azuma (1997) mendefinisikan augmented reality sebagai penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif.

AR dapat diaplikasikan untuk semua indera, tidak hanya visual, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Gunanya untuk memperkaya pengalaman penggunanya, membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan- kegiatan dalam dunia nyata.

Untuk perangkat augmented reality yang menyita perhatian adalah perangkat besutan Microsoft yang diberi nama Microsoft HoloLens. Perangkat ini berfokus pada penggabungan hologram tiga dimensi yang bersifat augmented reality dengan dunia nyata. Selain itu, Google Glass yang berbentuk kacamata yang dibuat oleh Google merupakan kacamata yang menggunakan teknologi augmented reality yang memiliki banyak fungsi.

Teknologi augmented reality ini biasanya digunakan pada bidang militer, medis, komunikasi, dan manufaktur. Contoh yang sering digunakan oleh pengguna adalah Google Translate. Dengan ini, memungkinkan pengguna menerjemahkan kata berbahasa asing yang dilihat menggunakan kamera smartphone seperti papan pengumuman atau rambu-rambu.

Disimpulkan bahwa perbedaan virtual reality dan augmented reality adalah virtual reality menggantikan kenyataan dengan dunia semu secara keseluruhan, sedangkan augmented reality menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan benda-benda semu.

Penggunaan Augmented Reality

Augmented Reality digunakan pada berbagai bidang, yaitu kesehatan, pelatihan militer, hiburan, manufaktur dan reparasi, dan navigasi telepon genggam.

Perangkat Augmented Reality

1.     Head Mounted Display

Terdapat dua tipe utama perangkat Head-Mounted Display (HMD) yang digunakan dalam aplikasi augmented reality/realitas tertambah, yaitu opaque HMD dan see-through HMD. Keduanya digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan dan memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing.

§  Opaque Head-Mounted Display

Ketika digunakan di atas satu mata, pengguna harus mengintegrasikan padangan dunia nyata yang diamati melalui mata yang tidak tertutup dengan pencitraan grafis yang diproyeksikan kepada mata yang satunya. Namun, ketika digunakan menutupi kedua mata, pengguna mempersepsikan dunia nyata melalui rekaman yang ditangkap oleh kamera. Sebuah komputer kemudian menggabungkan rekaman atas dunia nyata tersebut dengan pencitraan grafis untuk menciptakan realitas tertambah yang didasarkan pada rekaman.

§  See-Through Head-Mounted Display

Tidak seperti penggunaan opaque HMDsee-through HMD menyerap cahaya dari lingkungan luar, sehingga memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengamati dunia nyata dengan mata. Selain itu, sebuah sistem cermin yang diletakkan di depan mana pengguna memantulkan cahaya dari pencitraan grafis yang dihasilkan komputer. Pencitraan yang dihasilkan merupakan gabungan optis dari pandangan atas dunia nyata dengan pencitraan grafis.

2.     Virtual Retinal Display

Virtual retinal displays (VRD), atau disebut juga dengan retinal scanning display (RSD), memproyeksikan cahaya langsung kepada retina mata pengguna. Tergantung pada intensitas cahaya yang dikeluarkan, VRD dapat menampilkan proyeksi gambar yang penuh dan juga tembus pandang, sehingga pengguna dapat menggabungkan realitas nyata dengan gambar yang diproyeksikan melalui sistem penglihatannya. VRD dapat menampilkan jarak pandang yang lebih luas daripada HMD dengan gambar beresolusi tinggi. Keuntungan lain VRD adalah konstruksinya yang kecil dan ringan. Namun, VRD yang ada kini masih merupakan prototipe yang masih terdapat dalam tahap perkembangan, sehingga masih belum dapat menggantikan HMD yang masih dominan digunakan dalam bidang realitas tertambah.

3.     Tampilan Berbasis Layar

Apabila gambar rekaman digunakan untuk menangkap keadaan dunia nyata, keadaan realitas tertambah dapat diamati menggunakan opaque HMD atau sistem berbasis layar. Sistem berbasis layar dapat memproyeksikan gambar kepada pengguna menggunakan tabung sinar katoda atau dengan layar proyeksi. Dengan keduanya, gambar stereoskopis dapat dihasilkan dengan mengamati pandangan mata kiri dan kanan secara bergiliran melalui sistem yang menutup pandang mata kiri selagi gambar mata kanan ditampilkan, dan sebaliknya.

Tampilan berbasis layar ini juga telah diaplikasikan kepada perangkat genggam. Pada perangkat-perangkat genggam ini terdapat tampilan layar LCD dan kamera. Perangkat genggam ini berfungsi seperti jendela atau kaca pembesar yang menambahkan benda-benda maya pada tampilan lingkungan nyata yang ditangkap kamera.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Defisini Cloud Computing

Cloud Computing merupakan istilah dari Cloud diartikan sebagai internet dan Computing diartikan sebagai komputer. Definisi dari Cloud Computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi  melalui jaringan internet  yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama.

Cloud Computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Cloud Computing memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet.


Cara Kerja Cloud Computing

Teknologi Cloud Computing ini menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelelola data. Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut.

Karena tidak perlu melakukan installasi pada aplikasi, maka untuk media penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual sehingga tidak akan terbebani dengan penggunaan memori yang ada di komputer. Peritah – perintah yang digunakan oleh pengguna tadi  selanjutnya akan dilanjutkan ke server aplikasi.

Setelah perintah diterima oleh sever aplikasi, maka data akan diproses yang akhirnya pengguna akan menerima halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan perintah yang telah diberikan sebelumnya. Contoh dari Cloud Computing adalah Yahoo, PDF Gmail, Google Drive.

Perintah yang diberikan dalam penggunaan aplikasi tersebut akan langsung terintegrasi secara langsung dengan sistem Cloud Computing yang ada di komputer. Pengguna hanya memerlukan jaringan internet agar dapat menjalankan aplikasi tersebut tanpa perlu melakukan instalasi.

 

Fungsi Cloud Computing

Berikut ini beberapa manfaat dari Cloud Computing, yaitu :

1. Media Penyimpanan Terpusat pada Server

Teknologi Cloud Computing memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server sesuai layanan yang sudah di sediakan oleh Cloud Computing. Selain itu, dari segi infrastruktur pengguna tidak tidak perlu lagi menyediakannya seperti data center, media penyimpanan, sudah tersedia secara virtual oleh Cloud Computing.

2. Keamanan Data

Dalam penerapan teknologi Cloud Computing penyedia Cloud Computing telah menyediakan jaminan data sehingga data tidak mudah corrupt atau rusak , platform teknologi, jaminan ISO. Tentunya dengan Cloud Computing akan membuat data dan informasi Anda bisa lebih aman terjaga dibandingkan metode konventional yang digunakan oleh kebanyakan orang saat ini.

3. Lebih Murah dan Tahan Lama

Cloud Computing tidak memerlukan media penyimpanan storage pada hard disk eksternal karena sudah ada media penyimpanan terpusat pada server. Karena semua produk hardware atau fisik memiliki masa pemakaian dan setelah masa pemakaian tersebut biasanya akan terjadi beberapa kerusakan dan berfungsi tidak optimal dan sering terjadi error.


Mobile Computing 


Biasa disebut dengan istilah komputasi bergerak. Secara awam artinya adalah membuat dan mengambil fasilitas komputer yang diperlukan dan perangkat lunak dan menjadikan nya secara utuh menyatu dan dipakai di luar ruangan. Mobile Computing merupakan paradigma dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan. Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel). Perlu diperhatikan Mobile Computing tidak sama dengan Wireless Computing.

Banyak jenis komputasi bergerak ini dipakai, sejak tahun 1990-an, yaitu :

·        Wearebale Computer

·        Personal Digital Assistance atau PDA

·        Smartphone

·        Carputer

·        Ultra Mobile PC, biasa di sebut Notebook

 

 

Mengapa harus Mobile Computing ?

Seiring dengan perkembangan zaman, yang semakin maju, dan semakin luar biasa, maka kebutuhan akan perangkat bergerak dan berkomputasi semakin di butuhkan. Hampir tidak mungkin kita membawa-bawa Persona Computer kemana-mana karena ukuran nya yang lumayan besar dan berat sekali. Serta tidak praktis. Para ilmuwan berpikir ulang untuk menjawab masalah ini. Sehingga gagasan demi gagasan muncul seiring dengan canggihnya perkembangan dunia, dan imajinasi seseorang dalam berpikir tentang masa depan.

Konsep awal dari Mobile Computing :

·        Handoff : Kapan dan di mana saja melakukan nya

·        Proses Migrasi: aplikasi infrastruktur pendukung yang mengikuti mobilitas

·        Authentication

·        Authorization

·        Security Encrypt

Adapun keterbatasan Mobile Computing, diantaranya :

1.     Kurangnya Bandwidth

2.     Standar Keamanan

3.     Konsumsi Energi

4.     Potensi Bahaya Kesehatan

Perangkat Keras Untuk Mobile Computing, ada beberapa kategori perangkat komputasi portabel yang dapat berjalan di baterai tetapi tidak biasanya digolongkan sebagai laptop: komputer portabel, PC tablet keyboardless, Internet tablet, PDA, Ultra Mobile PC (UMPC) dan smartphone.


 Ubiquitous Computing

Ubiquitous computing system merupakan perubahan paradigma dari personal computing menjadi physical integration. Pada era personal computing membutuhkan perhatian penuh pengguna dan tidak menggimplentasikan context-awareness dalam pengembangannya, sementara itu pada era ubiquitous computing system sudah melibatkan context-awareness dan melibatkan human-computer pada sistem. Context-awareness yang dimaksud adalah memodelkan aktifitas penggunanya (yang dapat diukur secara tenjibel) dalam berbagai situasi untuk mempelajari kebiasaan pengguna dalam mengoptimalkan sistem. Sehingga kita sulit membedakan aktifitas yang berinteraksi dengan komputer atau manusia.

Penerapan ubiquitous computing seperti pada Info Pad.InfoPad merupakan penelitian yang dilakukan di universitas UC Berkeley, berkaitan dengan Ubiquitous Computing System. Penelitian ini dimulai pada tahun 1992 yang bertujuan menyediakan informasi multimedia yang akan diakses oleh 50 pengguna pada lokasi yang sudah ditentukan secara bersamaan. InfoPad menggunakan devices yang menampilkan informasi multimedia secara portable dengan wireless terminal dengan cost rendah.

 

Seluruhnya informasi multimedia disimpan di server. InfoPad menggunakan LCD dan stylus untuk mendukung interaksi pengguna dengan devices. Pengembangan lebih lanjut lagi, InfoPad menggunakan pengenalan suara (speech recognition) dalam menerima perintah dari penggunanya. Pengenalan suara akan memetakan masing-masing suara ke perintah dari pengguna jika menggunakan stylus. Seluruh pengolahan masukan data dan pengembalian informasi dilakukan di server, InfoPad hanya bertujuan untuk menerima data dari pengguna dan menampilkan informasi dari server.  InfoPad dapat digunakan pada daerah yang sudah ditentukan UC Berkeley melalui wireless connection. Arsitektur InfoPad proyek seperti tertera pada gambar diatas.

 

Nano science

Nanotechnology (teknologi nano) adalah ilmu (science) untuk membuat mesin-mesin yang berukuran sangat kecil, dalam level molekul. Nama ini diperoleh dari kata {nanometer} yang berarti sepermilyar meter (10 pangkat minus 9), yaitu ukuran dari mesin-mesin ini.

Technology nano kadang juga disebut sebuah rekayasa pada tingkatan molekuler, merupakan area multidisiplin dari berbagai ilmu terapan dan teknik dengan tujuan untuk mendesain dan membuat komponen dan sistem yang sangat kecil.

Peran teknologi nano dalam IT (information technology), sudah tidak diragukan lagi. Bertambahnya kecepatan komputer dari waktu ke waktu, meningkatnya kapasitas hardisk dan memori, semakin kecil dan bertambahnya fungsi telepon genggam, adalah contoh-contoh kongkrit produk teknologi nano di bidang IT.

Kontribusi teknologi nano pada pengembangan IT secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga.

1. Penambahan kepadatan jumlah device.


Gambaran mudahnya, bila ukuran satu buah transistor bisa dibuat lebih kecil maka kepadatan jumlah transistor pada ukuran chip yang sama secara otomatis akan menjadi lebih besar.

Contoh: tahun 2005, INTEL berhasil meluncurkan 70 Megabit SRAM (static random access memory) yang dibuat dengan teknologi nano proses tipe 65 nanometer (nm). Chip ini berisi lebih dari 500 juta buah transistor.


2. Memungkinkannya aplikasi efek kuantum.

3. Penambahan fungsi baru pada sistem yang sudah ada membuat material sama Dalam ukuran kecil. Tetapi membuat suatu fungsi yang baru ketika atom atau molekul yang berbeda jenis disusun dalam suatu sistem device.


contoh, pembuatan mata buatan yang mempunyai fungsi menangkap dan mentransfer cahaya menjadi informasi dan kemudian diolah, itu akan lebih mudah dilakukan dengan peran teknologi nano. Bahkan dengan teknologi nano,intelejensi sensor buatan bisa dibuat dengan sensitifitas mendekati apa yang dimiliki manusia.

Peran teknologi nano yang lainnya :


A. Teknologi nano mampu menggandakan kekutan beton.

Dengan campuran 10 persen bahan nanosilika kekutan beton menjadi dua kali lebih kokoh, tahan gempa, dan kedap air laut.

B. Teknologi nano mampu membuat obat dalam ukuran nanogram. Obat tersebut langsung menuju sasaran yang hendak diobati.

C. Teknologi nano memberikan jalan keluar mengatasi polusi:
1. dengan penguasaan nanoteknologi akan mengurangi penggunaan bahan bakar di bidang transportasi.
2. mengurangi gas buang dan limbah.
3. nanofilter mampu menyaring debu, gas dan partikel di bawah orde satu micron.
4. nanoteknologi akan ditemukan solar sel yang bisa mengurangi sumber energi senyawa karbon.
5. nanoteknologi memungkinkan penemuan baterai dengan kapasitas tinggi dan bertahan lama.
6. nanoteknologi memungkinkan penghematan energi karena jaringan listrik tidak lagi menggunakan tembaga sebagai konduktor, tapi akan menggunakan konduktor dengan tingan resistensi nol.
7. nanoteknologi memungkinkan penggunaan hydrogen sebagai sumber energi baru.

D. Nanoteknologi mampu mengubah material yang tidak berguna menjadi barang bermutu tinggi dengan menyusun unsur pembentuknya.
– Batu gamping (clay) yang diubah menjadi nanopartikel kemudian dicampur dengan polimer, akan menghasilkan polymer nanocomposite (PNC) yang sangat kuat dan elastis.

E. Teknologi nano mampu menyusun atom atau molekul karbon yang terdapat dalam batubara dan grafit.
– menghasilkan sebutir berlian yang berkilauan.

F. Teknologi nano dapat digunakan pada barang –barang elektronik:

1. mesin cuci ‘Air Wash™ System’ buatan Samsung.
mesin cuci dengan teknologi Silver Nano, dimana ion-ion perak berukuran nano akan membasmi bakteri dan jamur. Ion-ion perak nano juga mampu bertahan pada cucian hingga 30 hari sehingga cucian bebas bakteri dan partikel penyebab bau.

2. ‘iPod Nano’ buatan Apple
Dengan menggunakan teknologi nano, iPod ini dibekali storage sebesar 4GB dan 8GB, dan kekutan baterai 5 jam untuk menonton video,serta 24 jam untuk mendengarkan musik.

3. Automax NanoTech Fuel Enhancer (NFE)
merupakan aditif berkepekatan tinggi dengan teknologi nano cecair yang dinamik.
Fungsi nano pada NFE :
• Menghemat bahan bakar hingga 28%
• Meningkatkan daya mesin hingga 20%
• Mengurangi polusi asap berbahaya sampai 98%
• Mengawetkan daya tahan mesin

4. Bio disk (temuan dari Dr. Ian Willian Lyon
piringan kaca terbuat dari 13 mineral alami yang diolah melalui Teknologi Nano dan pemanasan Fusi tinggi.
Bio disk mampu membuat semua cairan lebih mudah diserap, meningkatkan rasa dan dapat menambah daya tahan tubuh.

5. Produk Perangkap Nyamuk “BLACK HOLE” Nano Advance Technology Mosquito Trap BLACK HOLE bekerja dengan menciptakan proses Fotokatalis dari pancaran lampu ultraviolet (2 buah) yang mengenai permukaan panel Titanium Dioxide (tiO2) yang mengelilinginya. reaksi fotokatalis menghasilkan spektrum panas yang sangat disukai nyamuk karena sangat mirip panas tubuh manusia.

6. Sistem Penyaringan Air Bio Dengan Gabungan Teknologi Nano
fungsinya :
– bebas dari bakteri dan virus
– menyingkirkan toksin dari tubuh badan
– memperbaiki sistem metabolisme dan ketahanan badan
– membantu mencegah masalah jantung dan pengaliran darah
– mengekalkan kesegaran ikan, daging dan sayur-sayuran

7. ‘sel bahan bakar’ mini buatan NEC
Sel bahan bakar adalah satu-satunya baterai alternatif yang mempunyai kapasitas energi terbesar dalam konversi energi dengan menggunakan proton hydrogen dan oksigen sebagai bahan bakarnya.

8. ‘Nissan’ dengan dilengkapi teknologi Nano
Pengembangan bidang elektronik dengan teknologi nano,sebenarnya berjalan sejak tahun 1975,dimana diperkenalkan suatu sensor yang sangat sensitif dalam disk drive yang terbuat dari lapisan partikel magnetic ukuran nanometer dengan ketebalan lapisan nanometer.

Grid Technology

 

Grid computing merupakan salah satu jenis dari komputasi modern. Grid computing adalah arsitektur yang menghasilkan sistem informasi perusahaan yang berbiaya rendah dan lebih adaptif terhadap bisnis. Grid computing juga dapat diartikan resource dan penyelesaian masalah terkoordinasi dalam organisasi virtual yang dinamis dan multi-institusional. Grid computing memiliki perbedaan yang lebih menonjol dan diterapkan pada sisi infrastruktur dari penyelesaian suatu proses. Grid computing adalah suatu bentuk cluster (gabungan) komputer – komputer yang cenderung tak terikat batasan geografi.

Pemilihan nama Grid sendiri adalah sebagai bentuk kiasan bagi pembuatan computer power agar dapat diakses semudah mengakses electric power, sehingga harus memiliki kemampuan untuk mengakses computing power (CPUs), aplikasi perangkat lunak dan data penelitian dalam suatu bentuk “on-demand”.

Berikut adalah beberapa konsep dasar dalam Grid Computing:

·        Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara lokal.

·        Sumber daya berbeda dapat mempunyai kebijakan dan mekanisme berbeda, mencakup Sumber daya komputasi dikelola oleh sistem batch berbeda, Sistem storage berbeda pada node berbeda, Kebijakan berbeda dipercayakan kepada user yang sama pada sumber daya berbeda pada Grid.

·        Sifat alami dinamis: Sumber daya dan pengguna dapat sering berubah

·        Lingkungan kolaboratif bagi e-community (komunitas elektronik, di internet)

Secara umum, elemen-elemen dari infrastruktur Grid adalah

·        Hardware/Sumber daya (Dibuat tersedia dari site-site berbeda yang terdistribusi secara geografis, mencakup CPU/Storage/Instruments, dll…)

·        Software: Sesuatu yang menghubungkan bersama-sama semua sumber daya ini: Beberapa aplikasi untuk menggunakan sumber daya komputasi yang dibuat tersedia

·        Orang-orang: Siapa yang memelihara Grid, dan Siapa yang menggunakan Grid

Middleware adalah lapisan atau layer perangkat lunak (software) yang terletak antara sistem operasi dan aplikasi. Elemen-elemen dasar dari Middleware ini adalah

·        Keamanan (security)

·        Pengelolaan sumber daya (resource management)

·        Pengelolaan data (data management)

·        Layanan informasi (information services).

Tiga hal yang di sharing dalam sebuah sistem grid antara lain : Resource, Network dan Proses. Kegunaan atau layanan dari sistem grid sendiri adalah untuk melakukan high throughput computing dibidang penelitian, ataupun proses komputasi lain yang memerlukan banyak resource komputer

Berikut ini contoh Beberapa kluster/grid computing yang ada di Indonesia adalah:

·        LIPI Public Cluster (http://www.cluster.lipi.go.id/)

·        Kluster Rekayasa Komputasional ITB

·        (http://computational.engineering.or.id)

·        NL Grid UGM (http://grid.te.ugm.ac.id/docs/)

·        Grid UI (http://grid.ui.ac.id/)

Penggunaan Grid Computing System untuk perusahaan-perusahaan akan banyak memberikan manfaat, baik manfaat secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa manfaat tersebut antara lain :

·        Grid computing menjanjikan peningkatan utilitas, dan fleksibilitas yang lebih besar untuk sumberdaya infrastruktur, aplikasi dan informasi. Dan juga menjanjikan peningkatan produktivitas kerja perusahaan.

·        Grid computing bisa memberi penghematan uang, baik dari sisi investasi modal maupun operating cost–nya.

Dan beberapa hambatan yang dialami oleh masyarakat Indonesia dalam mengaplikasikan teknologi grid computing adalah sebagai berikut :

·        Manajemen institusi yang terlalu birokratis menyebabkan mereka enggan untuk merelakan fasilitas yang dimiliki untuk digunakan secara bersama agar mendapatkan manfaat yan lebih besar bagi masyarakat luas.

·        Masih sedikitnya Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam mengelola grid computing. Contonhya kurangnya pengetahuan yang mencukupi bagi teknisi IT maupun user non teknisi mengenai manfaat dari grid computing itu sendiri.

 

 

 

Daftar Pustaka :

https://medium.com/@monsterar.net/peran-startup-augmented-reality-dalam-inovasi-teknologi-masa-depan-6b52eedba03d

https://dosen.perbanas.id/augmented-reality-vs-virtual-reality/?print=print

https://widuri.raharja.info/index.php?title=Mobile_Computing

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-cloud-computing-defenisi-fungsi-dan-cara-kerja/

https://socs.binus.ac.id/2018/12/20/apa-itu-ubiquitous-computing/

https://nuryadinakblarr.wordpress.com/2019/10/26/teknologi-cloud-computing-mobile-computing-ubiquitlous-computing-nano-science-dan-grid-technology/

https://bintanws7.wordpress.com/teknonogi-cloud-computing-mobile-computing-ubiquilous-computing-nano-science-dan-grid-technology/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Soft Skill