Pembuatan Model
Pembuatan object
yang akan menggunakan software
Blender3D.
a.
Pertama-tama
membuka software Blender3D, setelah
muncul tampilan awal seperti Gambar 1, lalu diklik di sembarang tempat untuk
berpindah ke halaman kerja seperti Gambar 2.
Gambar 1 Tampilan awal Blender3D
Gambar 2 Tampilan halaman kerja
b.
Kemudian
dinumpad menekan angka tiga setelah itu angka lima, ini digunakan untuk sudut
pandang object berubah menjadi Right Ortho seperti Gambar 3.
Gambar 3 Tampilan object
Right Ortho
c.
Beberapa fungsi mouse
serta shortcut-shortcut menggunakan keyboard untuk memudahkan dalam membuat
object 3D menggunakan Blender seperti berikut :
Fungsi Mouse :
- Klik Kanan : Seleksi object
- Scroll : Zoom in /
Zoom Out
- Klik Scroll seret
mouse : Melihat object dari berbagai
sudut
Fungsi Keyboard :
- Tab : Menggati Mode
- Ctrl + Tab :
Mengganti Jenis Mode Mesh (Vertex, Edge, Face)
- Ctrl + R : Menambah
garis vertex
- S (Scale) :
Memberbesar object
- s + x :
memperbesar object arah horizontal
- s + y : melebarkan object searah sumbuh y
- s + z : memperbesar object arah vertikal
- r (rotate) : memutar object
- r + x : memutar object pada sumbu x
- r + y : memutar object pada sumbu y
- r + z : memutar object pada sumbu z
- A : seleksi semua /
menghilangkan seleksi
- B : Seleksi object dengan mode kotak
- C : Seleksi object dengan mode bulat
- Z : Mengubah View
Port Shading
d.
Kemudian dilakukan pembuatan modeling object 3D seperti
Gambar 4.
Gambar 4
Tampilan model object 3D
e.
Setelah membentuk object, lalu dipotong sebagian object dengan menekan B dan blok bagian yang akan dipotong lalu
tekan X > vertices maka sebagian object akan hilang. Lanjut
mengembalikan object ke mode Object Mode kemudian di bagian propertis
memilih Modifiers > mirror dan
pada bagian option dicentang pilihan clipping seperti Gambar 5, memilih Modifiers > Subdivision Surface seperti
Gambar 6.
Gambar 5
Tampilan Mirror object
Gambar 6
Tampilan memperhalus object
f.
Kemudian diberikan warna pada object yang telah dibuat seperti
Gambar 7.
Gambar 7
Tampilan object setelah diberi warna
g. Kemudian
diberikan tulang pada object untuk
menggerakkan object tersebut, lalu
disesuaikan tulang ke dalam tubuh object
yang akan digerakkan seperti Gambar 8 dan Gambar 9.
Gambar
8 Tampilan memberi tulang pada object
Gambar
9 Tampilan object setelah diberi
tulang
h. Kemudian
tulang dan object diseleksi lalu
gunakan shortcut Ctrl + p > With Automatic Weights seperti
Gambar 10.
Gambar
10 Tampilan With Automatic Weights.
i. Lalu
membuat gerakkan object dengan
menggerakkan bagian-bagian tulang yang ada pada object, kemudian object
dikembalikan kebentuk semula dengan diseleksi tulang yang akan dikembalikan ke
posisi semula lalu ditekan space pada
keyboard > Clear Pose Transforms seperti
Gambar 11.
Gambar
11 Tampilan Clear pose transforms
j. Selanjutnya
project disimpan
Berikut hasil Render Animasinya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar