Jumat, 01 Mei 2020

Pembuatan Model Dan Animasi Megalodon

Pembuatan Model
                      Pembuatan object yang akan menggunakan software Blender3D.
a.    Pertama-tama membuka software Blender3D, setelah muncul tampilan awal seperti Gambar 1, lalu diklik di sembarang tempat untuk berpindah ke halaman kerja seperti Gambar 2.

Gambar 1 Tampilan awal Blender3D


Gambar 2 Tampilan halaman kerja

b.    Kemudian dinumpad menekan angka tiga setelah itu angka lima, ini digunakan untuk sudut pandang object berubah menjadi Right Ortho seperti Gambar 3.

Gambar 3 Tampilan object Right Ortho

c.    Beberapa fungsi mouse serta shortcut-shortcut menggunakan keyboard untuk memudahkan dalam membuat object 3D menggunakan Blender seperti berikut :
Fungsi Mouse :
- Klik Kanan : Seleksi object
- Scroll : Zoom in / Zoom Out
- Klik Scroll seret mouse : Melihat object dari berbagai sudut

Fungsi Keyboard :
- Tab : Menggati Mode
- Ctrl + Tab : Mengganti Jenis Mode Mesh (Vertex, Edge, Face)
- Ctrl + R : Menambah garis vertex

- S (Scale) : Memberbesar object
 - s + x : memperbesar object arah horizontal
- s + y : melebarkan object searah sumbuh y
- s + z : memperbesar object arah vertikal

- r (rotate) : memutar object
- r + x : memutar object pada sumbu x
- r + y : memutar object pada sumbu y
- r + z : memutar object pada sumbu z


- A : seleksi semua / menghilangkan seleksi
- B : Seleksi object dengan mode kotak
- C : Seleksi object dengan mode bulat
- Z : Mengubah View Port Shading

d.    Kemudian dilakukan pembuatan modeling object 3D seperti
Gambar 4.

Gambar 4 Tampilan model object 3D
e.    Setelah membentuk object, lalu dipotong sebagian object dengan menekan B dan blok bagian yang akan dipotong lalu tekan X > vertices maka sebagian object akan hilang. Lanjut mengembalikan object ke mode Object Mode kemudian di bagian propertis memilih Modifiers > mirror dan pada bagian option dicentang pilihan clipping seperti Gambar 5, memilih Modifiers > Subdivision Surface seperti Gambar 6.

Gambar 5 Tampilan Mirror object

Gambar 6 Tampilan memperhalus object

f.     Kemudian diberikan warna pada object yang telah dibuat seperti
Gambar 7.

Gambar 7 Tampilan object setelah diberi warna

g.    Kemudian diberikan tulang pada object untuk menggerakkan object tersebut, lalu disesuaikan tulang ke dalam tubuh object yang akan digerakkan seperti Gambar 8 dan Gambar 9.

Gambar 8 Tampilan memberi tulang pada object

Gambar 9 Tampilan object setelah diberi tulang

h.    Kemudian tulang dan object diseleksi lalu gunakan shortcut Ctrl + p > With Automatic Weights seperti Gambar 10.

Gambar 10 Tampilan With Automatic Weights.

i.      Lalu membuat gerakkan object dengan menggerakkan bagian-bagian tulang yang ada pada object, kemudian object dikembalikan kebentuk semula dengan diseleksi tulang yang akan dikembalikan ke posisi semula lalu ditekan space pada keyboard > Clear Pose Transforms seperti Gambar 11.

Gambar 11 Tampilan Clear pose transforms

j.      Selanjutnya project disimpan



Berikut hasil Render Animasinya : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Soft Skill