Senin, 25 Januari 2021

MEDIA SAAT INI

 

Media Sosial Saat Ini

Media sosial terus berevolusi. Keberadaannya multifungsi, tak sekadar menjalin relasi, tetapi juga menghasilkan keuntungan ekonomi, khususnya bagi penggunanya.

Media sosial terus berevolusi dari sisi jenis dan fungsi. Seiring perkembangan zaman, penggunaan media sosial semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun. Kini, media sosial menjadi kebutuhan masyarakat untuk  menjalin relasi, sarana komunikasi publik, baik lembaga maupun perusahaan, berbisnis, bahkan membangun citra diri pengguna.

Menyaksikan berbagai aktifitas melalui siaran langsung di media sosial. Pembatasan sosial dan fisik selama pandemi membuat sebagian masyarakat lebih aktif dan sering melakukan kegiatan sehari-hari mereka dengan bermain social media, mengekspresikan hal-hal dengan live stream.

Pada akhir tahun 90-an, penyebaran internet dan komputer  menjadi sarana komunikasi baru sehingga memberi inspirasi  untuk membangun wadah antarmanusia saling terhubung dan mengekspresikan diri.

Sejak pengiriman kata ”login”, internet yang awalnya menghubungkan beberapa kampus di AS, kelak berubah menjadi jaringan global. Dalam kurun waktu 45 tahun, internet berevolusi sehingga menghubungkan jutaan komputer dengan beragam jenis konten, mulai dari data, musik, gambar, hingga berkas (file) video beresolusi  dan kecepatan tinggi.

Internet dan gadget kini menjadi sesuatu yang tak lepas dari kehidupan masyarakat. Generasi milenial khususnya, menjadi pengguna yang terbilang sangat aktif berselancar di dunia maya. Media sosial pun kini seolah menjadi rumah kedua bagi pengguna smartphone. Di Indonesia, media sosial menjadi sumber informasi utama yang diakses oleh generasi milenial. Teks: Sofiyan

Aplikasi berbasis media sosial menjadi sumber informasi yang paling banyak digunakan kalangan milenial di Indonesia, dengan persentase sekitar 79%. Meski begitu, kepercayaan milenial terhadap informasi masih lebih mengandalkan sumber dari orang terdekat, seperti keluarga dan rekan-rekannya. Televisi juga masih memiliki peran menjadi sumber informasi yang diakses oleh generasi milenial Indonesia. Berdasarkan data studi dari Yogrt, tv menjadi sumber informasi kalangan milenial dengan persentase sebesar 56%. Media sosial sendiri bukan lagi dunia yang maya, namun justru dunia nyata saat ini. Pasalnya mereka bersosialisasi dengan rekan-rekan dan keluarganya melalui media sosial layaknya di dunia nyata. Memprediksi milenial Indonesia saat ini, untuk ke depannya akan semakin hidup di platform digital sehingga menimbulkan peluang ekonomi baru, meski tak bisa memprediksi bentuk dari peluang tersebut.

Topik yang diminati milenial sendiri masih didominasi dunia hiburan seperti film dan musik. Tak hanya milenial di Indonesia, perilaku ini juga berlaku bagi milenial di mancanegara yang juga menyukai topik hiburan yang mereka akses di internet. Di sisi lain, topik lain yang kurang diminati adalah topik politik dan keagamaan. Pada awal perkembanganya, inovasi teknologi digital yang melahirkan media sosial dikagumi

TechNews
sebagai penciptaan yang mendorong peningkatan peradaban, sehingga teknologi ini menyambungkan yang terpisah. Pada konteks komunikasi, media sosial berhasil melampaui harapan penggunanya, dengan kemudahan interaksi yang disandingkan oleh berbagai aplikasi-aplikasi. Namun, pada titik lain, media sosial ternyata melampaui ekspektasi pengguna, bahkan penciptanya. Media sosial menciptakan jarak baru bagi ikatan sosial antar manusia. Pada beberapa konteks, media sosial menyambungkan jarak, namun pada sisi waktu yang bersamaan, media sosial menciptakan halangan komunikasi bagi orang-orang terdekat. (SFN/AGR/SFN/MHG)

 

Data Tren Internet dan Media sosial Tahun 2020 di Dunia menurut Hootsuite


·        Total Populasi (jumlah penduduk): 7,750 milyar

·        Pengguna Mobile Unik: 5,190 milyar

·        Pengguna Internet: 4,540 milyar

·        Pengguna Media Sosial Aktif: 3,800 milyar

 

Data Tren Internet dan Media sosial 2020 di Indonesia menurut Hootsuite



·        Total Populasi (jumlah penduduk): 272,1 juta

·        Pengguna Mobile Unik: 338,2 juta

·        Pengguna Internet: 175,4 juta

·        Pengguna Media Sosial Aktif: 160 juta

 

Waktu mengakses media



·        Rata-rata setiap hari waktu menggunakan internet melalui perangkat apa pun: 7 jam, 59 menit.

·        Rata-rata setiap hari waktu menggunakan media sosial melalui perangkat apa pun: 3 jam, 26 menit.

·        Rata-rata setiap hari waktu melihat televisi (broadcast, streaming dan video tentang permintaan): 3 jam, 4 menit.

·        Rata-rata setiap hari waktu menghabiskan mendapatkan musik: 1 jam, 30 menit.

·        Rata-rata setiap hari waktu bermain game: 1 jam, 23 menit.

 

Platforms media sosial yang paling aktif



·        Pengguna Youtube di Indonesia sebanyak 88% dari jumlah populasi.

·        Pengguna Whatsapp di Indonesia sebanyak 84% dari jumlah populasi.

·        Pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 82% dari jumlah populasi.

·        Pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 79% dari jumlah populasi.

 

Ringkasan Pengguna Facebook di Indonesia tahun 2020



·        Jumlah pengguna facebook di Indonesia tahun 2020: 130 juta jiwa.

·        Prosentase pengguna Facebook berjenis kelamin perempuan: 44,4%

·        Prosentase pengguna Facebook berjenis kelamin laki-laki: 55,6%

 

Ringkasan Pengguna Instagram di Indonesia tahun 2020



·        Jumlah pengguna Instagram di Indonesia tahun 2020: 63 juta jiwa.

·        Prosentase pengguna Instagram berjenis kelamin perempuan: 50,8%

·        Prosentase pengguna Instagram berjenis kelamin laki-laki: 49,2%

 

 

Daftar Pustaka :

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/

https://www.firstmedia.com/blog/menilik-perkembangan-generasi-sosial-media

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Soft Skill